Makan siang menjadi buruan bagi sebagian orang apalagi yang tengah bekerja, biasanya akan pergi ke tempat yang memang belum pernah dikunjungi untuk tahu seberapa nikmatnya kulineran dengan suasana baru, atau memang mereka yang sudah berkunjung dan terpikat oleh menu makanannya disana.

Salah satu tempat baru yang pernah dikunjungi adalah Saung Ranggon yang berada di Setu - Cikarang, kebetulan saat itu sedang perjalanan dinas dan ditawari untuk makan di resto sunda sederhana. Menurut orang-orang rasanya enak dan tempatnya juga nyaman.

REVIEW SAUNG RANGGON

Menu yang disediakan merupakan menu Sundaan, karena memang daerah sini masih kawasan sunda dan menggunakan bahasa sunda, maka tidak aneh kalau makanannya pun sundanesee. Salah satu menu yang menjadi andalan di Saung Ranggon adalah pecak ikan juga jengkol gorengnya.

Menu yang dipesan yang cocok untuk makan siang, salah satunya cobek ikan atau pencak ikan segar, selain itu banyak juga menu sayurannya seperti gado gado ataupun sop

Untuk makanan disini rasanya pas sekali, tidak berlebihan dari bumbunya, dan semuanya disediakan masih hangat karena memang akan dimasak ketika ada pesananan, jadi memang menunggunya cukup lama juga sekitar 15menit.

Hal yang menjadi ketagihan adalah jengkol goreng bawang yang menjadi primadonanya, dicolek dengan sambal dadak khas sunda yang menjadi semuanya menjadi cita rasa yang mantap.


Menu makanan sunda di Saung Ranggon

Jadi untuk makanannya saya beri nilai 9/10.

REVIEW TEMPAT SAUNG RANGGON

Saung Ranggon yang berada dikawasan pedesaan dan dibawah rimbunan pepohonan tinggi membuat suasana menjadi teduh dan nyaman, jika normalnya cikarang itu adalah daerah panas, tapi rasanya disini tidak terlalu panas, malah cenderung teduh seperti daerah pedesaan perbukitan.


Untuk areanya memang tidak terlalu luas, mungkin cukup untuk pengunjung sekitar 50 orang saja, dengan adanya 2 saung. 

Halamannya luas dengan 2 saung untuk makan pengunjung

Mengapa dinamakan saung ranggon, karena disamping tempat makan ini terdapat salah satu cagar budaya daerah sini yang memang namanya Ranggon, tempat ini mungkin sudah berdiri selama puluhan tahun, informasinya merupakan tempat untuk diskusi warga pada jaman dahulu.

Rumah RAnggon yang merupakan rumah asli Setu Cikarang Bekasi

Menjadi tempat dilindungi oleh pemerintah, oleh karenanya saat ini sudah dipagar tembok