Menjaga kesehatan memang susah-susah gampang, yang paling sulit itu dari segi makanan yang semakin kesini semakin beragam dan membuat kita ketagihan dengan makanan tersebut. Apalagi makanan cepat saji yang sangat mudah didapatkan dimanapun dan kapanpun, terlebih saat ini banyak sekali jasa pengantar makanan hingga ke depan pintu rumah.

Saat ini saya berumur 30tahun yang artinya tidak boleh sembarangan lagi dalam memakan makanan, tapi tetap saja ini sulit dihindari, dan pada akhirnya memakan makanan yang tidak seharusnya, misalnya tinggi garam yang mengakibatkan darah tinggi, tinggi lemak yang mengakibatkan kolesterol dan tinggi gula yang menyebabkan diabet.

HAL YANG DIRASAKAN SAAT INI

Saya memiliki riwayat kolesterol tinggi, bahkan angka tertinggi kala itu mencapai 320mg, ini sangat diluar pada standar yang harusnya hanya sekitar 200mg saja, ini mengakibatkan keletihan serta pegal-pegal didaerah leher.

Selain itu juga sakit dada dibagian tengah hingga ke kanan, dan kadang juga ke sebelah kiri. Ini berlansung selama satu minggu, pada akhirnya karena terus menerus cemas, memberanikan diri untuk pergi ke dokter spesialis jantung untuk diperiksa, karena memang khawatir ini berasal dari jantung yang mulai tidak fit.

PERGI KE DOKTER SPESIALIS JANTUNG

Pada saat berolah raga, saya mendapati detak jantung naik secara signifikan, yang awalnya pemanasan 5 menit biasanya hanya 120bpm, namun tiba-tiba menjadi 156bpm, ini membuat cemas dan merasa tiba-tiba sangat capek sekali.

Dari sini siangnya berangkat ke dokter spesialis jantung untuk mengetahui apa yang terjadi, dengan berbekal izin dari kantor, saya menuju rumah sakit swasta yang berada di tengah kota, walaupun baru, rumah sakit ini infonya sangat bagus dalam pelayanannya.

Pada saat mendaftar rupanya tidak ada pasien lain, hanya saya saja saat itu, atau mungkin sangat jarang sekali orang untuk memeriksakan diri ke spesialis jantung, mungkin. '

Pertama perawat mengambil tensi untuk mengukur tekanan darah, saat itu 150/90 yang notabene sangat tinggi sekali untuk usia tiga puluhan, ataukah memang saya yang sedang cemas hingga merembet ke hasil tekanan darah.

CEK EKG

EKG adalah salah satu tes jantung yang mengambil dari detak saat kita sedang diam dan tentu tidak tertidur, untuk pengecekan ini dilakukan pada dada bagian tengah juga kiri, dengan diberi alat seperti stetoskop dengan kabel yang terhubunng ke monitor.

Setelah menggunakan alat EKG, seperti bekas di bekam, memang pada saat ditempelkan rasanya seperti tercubit kecil

Untuk hasil ini termasuk normal, bisa terlihat pada hasil cetaknya. 

Untuk rata-rata hanya 80bpm, ini artinya sangat normal 

dari kesimpulan dokter memang tidak dapat banyak menyimpulkan, adapun rasa sakit pada dada mungkin saja seperti masuk angin ataupun maag, tapi secara riwayatpun tidak memiliki maag.

Maka dari itu dokter sangat menganjurkan untuk tes tredmil untuk memastikannya kembali, tapi harganya ternyata Rp1,5jutaa, sontak ini sangat mengurung niat untuk melaksanakannya, namun infonya juga bisa menggunakan bpjs untuk treatmen tes satu ini, mungkin lain kali akan mencobanya.

HARGA BIAYA PERIKSA KE SPESIALIS JANTUNG

Untuk total biaya dari periksa dokter, tes EKG hingga obat sekitar Rp700ribuan, memang lumayan mahal, tapi mungkin sudah sangat standar sekali di rumah sakit besar dengan biaya umum.

biaya berobat jalan spesialis jantung

Jadi kesimpulannya memang kesehatan itu mahal, karena akan terasa jika saat sakit, jadi mulai sekarang akan mencoba gaya hidup baru.