Menjadi seorang yang lahir pada tahun 90an merupakan anugerah tersendiri, dari tahun ini lah kami bisa merasakan perbedaan yang sangat jauh dari tahun saat ini, misalnya saja suasana pada saat bulan puasa, akan terasa jauh berbeda dengan tahun 2020an.

MUNGGAHAN

Munggahan ialah salah satu istilah yang ada di daerah jawa barat, maknanya yaitu makan bersama satu hari sebelum puasa pada esok harinya. Biasanya acara ini dihadiri oleh keluarga besar, dan berkumpul dirumah yang paling tua.

Saat ini juga masih ada budaya munggahan, namun tidak seperti dulu, mungkin saat ini munggahan hanya dilakukan perkeluarga saja, sangat jarang sekali berkumpul bersama keluarga yang lain.

SHALAT TARAWIH

Pada tahun 2000an tepatnya ketika masih SD, suasananya sangat asyik sekali, salah satunya diadakannya perlombaan di mesjid, dan ini biasanya mengundang anak anak pengajian dari mesjid lain juga untuk berlomba. Mulai dari lomba azan, membuat kaligrafi, tadarus hingga cerdas cermat. dan ini dilakukan setelah salat tarawih. Mungkin saat ini juga masih ada yang mengadakan acara seperti ini, namun tidak sebanyak dulu.

Saat selesai salat tarawih, ada beberapa sales yang menawarkan sample dagangannya secara gratis, saat itiu memang trik marketing tidak seperti semudah saat ini yang apa-apa bisa melalui media sosial, namun saat dulu pendekatan kemasyarakatlah yang memudahkan penjualan si marketing ini, misalnya dulu saya selalu mendapatkan obat nyamuk gratis, ahhh ini lumayan sekali untuk menginap di mesjid kan. hehe

SAAT SAHUR

Sahur adalah momen paling berharga bagi saya saat itu, ibu selalu bangun lebih awal untuk menyiapkan segalanya, mulai dari nasi hingga lauk pauknya, dulu saya lebih sering makan dengan mie instan ketimbang dengan sayur atau daging-dagingan, karena memang lebih masuk ke perut.

Masih ingat sekali pada jam 02.30 ibu memasak nasi dan bau nasi yang masih hangat di saat sahur selalu teringat, sembari menonton televisi di salah satu stasiun favorit.

Kini momen ramadhan sudah tidak seperti dulu lagi, saat ini memiliki keluarga baru dan harus membiasakan diri dengan suasana bulan ramadhan ini.