Di tahun 2024 ini seri iPhone sudah ke-15, namun ternyata harganya sangat mahal sekali jika dibandingkan dengan terdahulunya, jadi saya pikir apple mengeluarkan iphone terbarunya setiap tahun dan itu harganya semakin mahal dari yang sebelumnya, tapi kok masih ada saja yang beli dan itu pun laku keras dipasaran.

Memang produk handphone satu ini tidak kaleng kaleng, saya sendiri sudah merasakannya semenjak tahun 2017 dan itu menggunakan iphone 6, kameranya yang sangat bagus diantara handphone andoid sekelasnya dan kecepatannya juga bisa diadu, semenjak itu saya mulai beralih ke iPhone.

TAHUN 2024 BELI IPHONE 8

Sebenarnya ini sudah terlalu lama jika membeli seris iPhone 8 ditahun 2024, dengan hanya iOs 16 saja tidak bisa upgrade lagi ke 17. Saya membeli iPhone 8 ini untuk istri, dia ingin handphone dengan ukuran kecil, tapi tidak lebih kecil dari iPhone 5, mungkin iPhone 8 menjadi pilihannya.

AKhirnya saya beli iPhone 8 di market place oren dengan harga sekitar Rp2,7jutaan dengan paylater, karena memang niatnya dicicil saja. dan tentu saya membelinya dengan teliti, perlu waktu dua mingguan untuk memilih mana toko yang ratingnya bagus.

MEMBELI EX IBOX 

Di market place banyak sekali yang menawarkan iPhone dengan harga yang murah, disana ada dua tipe iPhone, yakni ex iBox dan ex inter atau international. Perbedaannya adalah jika ex ibox ini iPhone second yang pembeli pertamanya melalui ibox indonesia, artinya kode imei pasti terdaftar di kemenprin.

Sedangkan ex inter adalah handphone boleh dibilang black martket yang banyak dijual dipasaran, harganya memang lebih murah dibandingkan ex ibox, namun imei biasanya hanya terdaftar 1 hingga 3 bulan saja, dan setelah itu iPhone tidak bisa digunakan untuk menelpon, hanya bisa wifi saja.

Pengalaman saya yang membeli ex inter ini menyadari bahwa lebih baik membeli ex ibox walaupun dengan harga yang agak mahal, toh nanti kita tidak perlu perpanjang imei atau semacamnya.


REVIEW iPhone 8 

Selama seminggu ini tidak ada kendala sama sekali dengan iPhone 8 yang dibeli ini, walaupun bekas semuanya lancar, minusnya hanya ada goresan serta penyok sedikit dibagian ujung iPhone, mungkin pemilik pertama tidak suka menggunakan case handphone, jadi sewaktu terjatuh yaa ada goresan sedikit.

iOS 16 masih sangat baru, jadi semua aplikasi pada appstore tentu masih mendapat dukungan penuh, jadi saya tidak khawatir akan itu, namun minusnya lagi adalah kesehatan baterai yang hanya 83% , ini membuat satu hari bisa mencharge hingga beberapa kali. Untuk baterai sendiri tidak masalah menurut saya, karena nanti pun bisa di ganti dengan yang baru, banyak juga yang menjualnya di market place.